Suplemen Wajib Fitness Mania

25

Kadang kala kita merasa bahwa tubuh kita tidak berprogress walaupun kita latihan fitness secara rutin, padahal makan juga banyak dan tidur juga teratur. Lantas apa yang salah? Bisa jadi asupan nutrisi kedalam tubuh kurang, salah satu jalan untuk memenuhi asupan nutrisi yang kurang adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Nah, berikut ini adalah beberapa suplemen yang mungkin bisa dibilang “wajib” bagi fitness mania seperti dilansir OB-FIT

1.Whey Protein

Whey Protein

Whey Protein merupakan suplemen yang sangat aman untuk dikonsumsi dan dapat memasok tubuh sekitar 19-30 gram protein per serving tergantung tingkat kemurniannya.

Seperti kita ketahui bahwa protein adalah bahan baku pembangun otot. Whey protein merupakan suplementasi protein yang cepat diserap tubuh untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Selain itu, whey protein juga mengandung kalsium, magnesium, dan berbagai mineral yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa whey protein efektif untuk membantu program pembentukan otot dan penurunan berat badan melalui beberapa mekanisme yang berbeda.

Berikut ini adalah fungsi dari Whey Protein

Menurunkan Kadar Lemak
Para peneliti dari Minnesota’s Applied Research Center menemukan bahwa orang yang melakukan diet dengan mengurangi kalori disertai suplementasi whey protein dapat menurunkan kadar lemak tubuhnya lebih banyak daripada yang hanya menerapkan diet rendah kalori saja.

Meningkatkan Massa Otot
Menambah massa otot dapat mempercepat penurunan berat badan. Ini karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak jika otot makin banyak. Hasil penelitian para ahli dari University of Texas Medical Branch menunjukkan bahwa konsumsi whey protein setelah latihan beban dapat meningkatkan pertumbuhan otot dengan cara merangsang pembentukan protein otot.

Mengurangi Napsu Makan
Menambahkan asupan whey protein dapat menekan napsu makan, sehingga menurunkan asupan kalori dan meningkatkan pembakaran lemak. Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi whey protein, maka asupan kalori kita akan lebih sedikit daripada biasanya.

2.Creatine

Creatine

Creatine adalah kombinasi dari beberapa asam amino yang secara spesifik membentuk fungsi tersendiri. Komponen pembentuk Creatine adalah glycine, agrinine, dan methionine. Tubuh manusia secara alami memproduksi Creatine baik di hati, pankreas, dan ginjal.

Creatine yang diproduksi dialirkan oleh darah ke otot. Begitu mencapai otot, creatine diubah menjadi phospocreatine (creatine phospate), yang berkontribusi pada pembentukan bahan bakar tubuh yang dikenal sebagai ATP (adenosine triphospate).

Manfaat suplementasi creatine:

  • Membantu pembentukan otot bebas lemak
  • Meningkatkan volume sel-sel otot
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Mempercepat pemulihan setelah latihan

Baca Juga: Suplemen Terbaik Untuk Recovery Otot

3. Glutamine

Glutamine

Glutamine adalah asam amino yang paling banyak ditemukan dalam tubuh. Lebih dari 60 persen jaringan otot rangka dibentuk oleh glutamine.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa hormon pertumbuhan meningkat sebesar 440 persen setelah menggunakan suplementasi glutamine. Hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak menjadi energi.

Studi lain yang dilakukan di Louisiana State University Medical College memberikan 2 gram glutamine kepada 9 atlet sehat pada pagi hari, 45 menit setelah sarapan. Hasilnya, hormon pertumbuhan mereka meningkat hingga 440 persen 90 menit setelah mengonsumsi suplemen glutamine.
L-glutamine yang berlimpah didalam tubuh akan mencegah penyusutan otot dan membantu recovery. L-glutamine digunakan sebagai suplemen post- workout.

4.Branched Chain Amino Acids (BCAA)

Branched Chain Amino Acids

Suplementasi lain yang tak kalah populer di kalangan fitnessmania adalah BCAA atau branch-chained amino acids. BCAA terdiri dari tiga asam amino berbeda yaitu leucine, isoleucine dan valine. Ketiga asam amino tersebut memiliki peran sebesar 30 persen dalam pembentukan otot rangka di dalam tubuh.

Seperti halnya whey protein, BCAA dapat membantu pembentukan otot, membantu pemulihan otot pasca latihan, dan membantu transportasi nutrisi menuju sel-sel otot.

BCAA juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat melakukan latihan ketahanan seperti marathon, renang, ataupun bersepeda.

Apa saja manfaat mengonsumsi suplemen BCAA?

Mencegah Penyusutan Otot
BCAA sangat penting untuk mencegah katabolisme (penyusutan) otot pada saat pemulihan setelah latihan.

Membantu Mengurangi Nyeri Otot
BCAA membantu menunda nyeri otot dan kerusakan otot akibat dengan latihan dalam jangka panjang. Semakin sedikit kerusakan dan nyeri otot akan membuat pemulihan menjadi lebih cepat.

Membantu Membuang Lemak Tubuh
BCAA membantu Anda mengurangi lemak tubuh. BCAA juga mengatur dan memelihara rasa kenyang kenyang, leptin, glukosa, adipositas, dan berat badan.

5.Nitric Oxide (NO)

Nitric Oxide

Nitric Oxide atau sering dikenal juga dengan sebutan NO memiliki nama umum nitric oxide atau nitrat oksida dan nitrogen monoksida sebagai nama sistematisnya. Nitric Oxide adalah senyawa kimia dengan rumus kimia NO. Gas ini merupakan molekul penting dalam tubuh manusia.

Otot-ngepump-dgn-Nitric-oxide
NO adalah molekul penting yang terlibat dalam banyak proses fisiologis dan patologis dalam tubuh manusia baik yang menguntungkan dan merugikan. Produksi NO penting dalam melindungi organ seperti hati dari kerusakan iskemik.

Namun hasil produksi NO dalam tingkat berkelanjutan dapat memicu toksisitas jaringan secara langsung dan memberikan kontribusi pada gangguan vaskular yang berhubungan dengan syok septik, sedangkan ekspresi kronis NO dikaitkan dengan berbagai kondisi inflamasi dan karsinoma termasuk diabetes pada anak, multiple sclerosis, arthritis dan kolitis ulserativa.

Bagaimana NO bekerja dalam tubuh?
Meskipun merupakan sebuah molekul sederhana, NO adalah pemain fundamental dalam bidang ilmu saraf, fisiologi dan imunologi. NO memainkan peran dalam berbagai proses biologis dalam tubuh manusia. NO adalah gas bentuk bebas yang dihasilkan dalam tubuh dan digunakan oleh tubuh untuk berkomunikasi dengan sel lain dalam tubuh. Untuk menghasilkan gas ini, enzim dalam tubuh memecah asam amino Arginine. Produksi NO terjadi ketika asam amino L-Arginine diubah menjadi L-Citruline melalui kelompok enzim yang dikenal sebagai Nitric Oxide Synthase (NOS).

6.Beta Alanine

Beta Alanine

Beta Alanine merupakan asam amino non-esensial yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kaya protein seperti unggas, daging, dan ikan.

Beta alanine dapat membantu pembentukan carnosine hingga 60 persen. Carnosine merupakan pelindung intraselular yang sangat kuat, yang berarti akan membantu menjaga tingkat pH otot Anda seimbang dengan cara mencegah produksi asam laktat berlebih ketika berlatih atau berolahraga.

Menurunnya tingkat pH otot di bawah level optimal dan meningkatnya asam laktat dapat membuat tubuh kehilangan power dan stamina ketika berlatih. Beta alanine dapat mencegah hal ini terjadi.

Keuntungan menggunakan suplementasi Beta Alanine:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh saat latihan intensitas tinggi
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Mengurangi keletihan
  • Memungkinkan Anda berlatih lebih keras dan lebih lama
  • Membantu meningkatkan massa otot