Kandungan Gizi Buah Pisang

46

Kandungan Gizi Buah Pisang

Buah pisang merupakan buah yang memiliki kandungan gizi tinggi. Berikut adalah beberapa kandungan buah pisang yang dilansir dari Kompas dan Bobo.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi kita. Jika kita kehilangan energi setelah berolahraga, maka kita bisa menggantinya dengan pisang.

Selain itu, pisang juga bisa dijadikan alat untuk mengisi energi cadangan yang biasanya habis sebelum jam makan utama tiba.

Vitamin C

Seperti buah lainnya, pisang juga kaya akan kandungan vitamin C, lo, Teman-teman. Satu buah pisang mengandung 10 mg vitamin C.

Itu setara dengan 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian bagi tubuh kita. Seperti teman-teman tahu, vitamin C itu bisa menjadi peningkat sistem kekebalan tubuh kita.

Potassium

Buah ini terkenal akan kandungan potasiumnya. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung potassium sebanyak 400 mg.

O iya, potassium adalah zat yang bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Selain itu, potassium juga bisa mencegah kram otot setelah berolahraga.

Serat

Tubuh kita memerlukan serat untuk membantu melancarkan pencernaan. Nah, serat bisa kita dapatkan dari pisang, karena satu buah pisang mengandung 3 gram serat.

O iya, bagi teman-teman yang gampang merasa lapar, sepertinya teman-teman harus makan pisang, karena serat dalam pisang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Kandungan Gizi Brokoli

Vitamin B6

Vitamin B biasanya didapatkan dari produk hewani.

Namun, vitamin B6 yang disebut dengan pyridoxine bisa didapatkan dari pisang.

Vitamin ini digunakan tubuh untuk menumbuhkan sel-sel baru.

O iya, 35 persen kebutuhan harian akan vitamin B6 kita bisa dipenuhi dengan satu buah pisang, lo.

Baca Juga: Kandungan Gizi Lemon

Mangan

Ternyata, pisang juga mengandung mangan.

Mangan adalah sebuah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan membantu proses metabolisme.

Setiap hari, orang dewasa memerlukan mangan sebanyak 1,8 hingga 2,3 mg.

Nah, kebutuhan mangan itu bisa kita penuhi dengan mengonsumsi pisang.

Selain kandungan-kandungan yang sudah disebutkan di atas, pisang juga mengandung nutrisi lain, seperti magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin E, folat, karoten, dan asam amino.

Hanya saja, kandungannya tidak sebanyak kandungan zat yang disebutkan sebelumnya.