Durasi Efektif Untuk Bangun Otot

47
Durasi Efektif Untuk Bangun Otot

Durasi Efektif Untuk Bangun Otot? Berapa nih?

Sebagian besar orang mempunyai pola pikir jika semakin lama berlatih di gym, maka semakin cepat otot akan membesar. Kenyataannya hal tersebut adalah salah. Lantas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melatih bagian-bagian otot di gym? Dan apa saja yang perlu dilakukan? Simak ulasannya berikut ini.

Bagaimana otot tumbuh?

Otot adalah jaringan tubuh yang paling mudah beradaptasi ketika menghadapi tekanan, atau beban. Saat melakukan olahraga ekstrem seperti angkat beban, serat otot akan mengalami perobekan atau cedera otot. Maka jangan heran jika setelah latihan otot akan terasa sakit.

Ketika otot mengalami perobekan, sel-sel bagian luar serat otot akan aktif dan memperbaiki kerusakan dengan saling bergabung, hasilnya serat otot akan meningkat. Dalam hal ini tubuh dibantu oleh hormon yang memiliki peran untuk mengirim sel ke otot setelah berolahraga, membentuk kapiler darah baru, memperbaiki sel otot, dan mengelola massa otot.

Misalnya, gerakan resistensi membantu tubuh melepaskan hormon pertumbuhan dari kelenjar hipofisis Anda. Jumlahnya tergantung pada intensitas latihan yang Anda lakukan. Hormon tersebut akan memicu metabolisme Anda dan membantu mengubah asam amino menjadi protein untuk meningkatkan otot.

Baca Juga: Inspirasi Latihan Otot Bahu dan Punggung di Rumah

Berapa lama durasi latihan yang tepat?

Faktanya menghabiskan waktu seharian di gym tidak membuat otot Anda cepat besar. Sebaliknya hanya akan membuat Anda mengalami kelelahan otot. Durasi latihan yang paling efektif untuk sesi latihan adalah 20-30 menit, sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu. Anda perlu membuat program tersendiri sesuai dengan tujuan Anda.

Meskipun tidak secara langsung hasil latihan dapat terlihat, sesi latihan yang tepat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot, karena olahraga dapat merangsang sintesis protein dalam 2 hingga 4 jam pasca Anda menyelesaikan latihan. Untuk itu Anda membutuhkan istirahat agar proses tersebut dapat berjalan baik.

Baca Juga: Cara Cepat Bikin Sixpack di Rumah


Mengapa otot butuh istirahat?

Manusia mengistirahatkan diri dengan cara tidur, agar esok hari dapat beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar. Begitu juga dengan otot. Otot memerlukan waktu untuk melakukan pemulihan setelah cedera karena tekanan beban. Jika otot terus dipaksa melakukan latihan, Anda mungkin akan mengalami overtraining. Untuk itu penting mengambil istirahat setelah berlatih.

Lamanya waktu istirahat yang efektif untuk pemulihan otot adalah 1-2 hari, tergantung seberapa tinggi intensitas olahraga yang dilakukan. Jika Anda belum terbiasa dengan olahraga yang berat, berlatihlah 2 hari, kemudian ambil 1 hari untuk istirahat. Sementara jika Anda sudah terbiasa berolahraga berat, ambilah 1 hari dalam seminggu untuk istirahat.

Sumber: Reps.ID

Advertisement