Destinasi Wisata Yang Ada Di Mojokerto

48

Mojokerto berada sekitar 65 km dari pusat kota Surabaya. Kalau bicara Mojokerto tentu erat kaitannya dengan Kerajaan Majapahit karena banyaknya situs-situs peninggalan Kerajaan Majapahit.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Mojokerto.

Petirtaan Jolotundo

Petirtaan Jolotundo

Petirtaan Jolotundo merupakan objek wisata sejarah yang terbuat dari batu adhesit dengan pahatan relief serta bentuk bangunannya memiliki 52 pancuran air yang jernih. Konon air tersebut akan terus mengalir walaupun musim kemarau sedang berlangsung.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, Petirtaan Jolotundo juga sering dijadikan tempat penelitian oleh beberapa arkeolog dunia dan konon air Petirtaan Jolotundo adalah yang terjernih nomor dua di dunia. Untuk menuju lokasi petirtaan dapat diakses dari Kecamatan Pungging melewatu Desa Kesamen, Mojokerto.

Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang

Candi Wringin adalah salah satu candi peninggalan majapahit yang terletak di Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Menurut Sejarah Candi Wringin merupakan gerbang utama untuk memasuki wilayah penting Kerajaan Majapahit .

Candi ini memiliki struktur yang sangat simetris dengan kegagahannya yang nampak indah dan sangat cocok digunakan untuk berkunjung bersama teman, keluarga ataupun pacar.

Mahavihara Majapahit

Mahavihara Majapahit

Patung Buddha tidur terbesar ketiga didunia ini dibuat pada tanggal 31 Desember 1989 dan terletak di Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Mahavihara Majapahit ini merupakan objek yang sangat menarik dan unik, karena di tempat ini pengunjung dapat melihat patung Buddha dengan posisi tertidur layaknya patung Buddha yang berada di luar negri sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berfoto bersama.

Baca Juga: 6 Wisata Keren Di Malang

Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan

Gunung yang menawan ini berada di kawasan Trawas Mojokerto merupakan gunung berapi yang telah lama tidur atau tidak aktif. Gunung ini memiliki ketinggian 1.653 mdpl saja, sangat cocok buat traveller atau pendaki pemula untuk mencoba petualangan pendakian pertamanya.

Selain dapat melihat pemandangan alam berwisata disini sangat menarik karena banyak situs sejarah dan dibeberapa lerengnya banyak dijumpai situs peninggalan purbakala periode Hindu-Buddha di Jawa Timur.

Coban Canggu

Coban Canggu

Coban Canggu merupakan objek wisata air terjun yang berada pada ketinggian 800 mdpl dan terletak di desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Coban Canggu merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 70 meter dengan dinding bebatuan yang besar dan menawan.

Disekitar air terjun banyak dijumpai pepohonan yang subur menjadikan wisata Coban Canggu sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto maupun berselfie dengan orang-orang tercinta.

Baca Juga: Wisata Alam Di Batu

Bukit Jengger

Bukit Jengger

Bukit Jengger mungkin bagi kalangan traveller nama ini sangat jarang di dengar. Bukit Jengger ini tidak sepopuler tempat wisata lainnya yang ada di Mojokerto dikarenakan saat ini tidak banyak traveller yang kesana.

Bukit Jengger memiliki ketinggian 1.050 Mdpl, sangat direkomendasikan buat camping atau sekadar jalan-jalan karena disini kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dengan sungainya yang begitu menawan. Bukit Jengger ini berada di Kecamatan Jatirejo-Mojokerto terdapat dua jalur yang dapat kita lalui untuk menuju kesana yaitu melewati Desa Rejosari dan Desa Nawangan.